Senin, 16 April 2012

Seminar (Part 1)


Pengertian Seminar

Seminar adalah suatu pertemuan sekelompok para ahli yang membahas suatu topik dengan menampilkan beberapa makalah di bawah pimpinan seoran gmoderator. Penyajian makalah tersebut diiringi dengan tanya jawab, pembahasan, dan dicarikan perumusannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,

seminar ialah pertemuan atau persidangan untuk membahas usatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar, para ahli, dan sebagainya).
Seminar merupakan salah satu bentuk diskusi ilmiah yang membahas suatu masalah. Masalah dalam seminar mempunyai ruang lingkup yang terbatas dan tertentu. Pembahasan masalah tersebut biasanya disampaikan oleh beberapa ahli. Sementara itu, peserta berperan untuk menyampaikan pertanyaan, ulasan, dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah. Seminar pada dasarnya sama dengan diskusi, tetapi seminar lebih bersifat formal dan menghadirkan seorang pembicara serta mendiskusikan masalah yang lebih umum.

Masalah yang dibahas dalam seminar mempunyai ruang lingkup yang terbatas dan tertentu. Misalnya seminar tentang penerapan bahasa Indonesia, seminar tentang meningkatkan apresiasi sastra siswa SMA, dan lain-lain.

Masalah-masalah tersebut dibahas dalam suatu seminar sehingga didapat solusi pemecahan dari masalah atau topik yang diseminarkan. Oleh karena itu, peserta seminar terdiri dari orang-orang yang berkecimpung dalam masalah tersebut, sehingga dapat memberikan pandangan dan pendapat yang tepat dalam pemecahan masalah. Tujuan utama seminar harus diakhiri dengan kesimpulan atau keputusan-keputusan baik berupa usul, saran, resolusi maupun rekomendasi.

Suatu seminar yang efektif perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya. Sebagai pedoman dapat diikuti mekanisme berikut.
  1. Penentuan topik dan tujuan;
  2. Penentuan waktu dan tempat; dan
  3. Persiapan fasilitas,
Penyelenggaraan seminar sebaiknya diinformasikan kepada masyarakat atau peserta, terutama mengenai:
  1. Tujuan seminar diselenggarakan;
  2. Tema atau topik yang akan dibahas;
  3. Persyaratan para peserta;
  4. Waktu pendaftaran peserta;
  5. Peserta yang bersedia menjadi pemrasaran.

Berdasarkan informasi tersebut para peserta harus mempersiapkan diri untuk mengikuti seminar dalam rangka partisipasi dan menyukseskan seminar tersebut.

0 komentar: